Kamis, 22 September 2011

PENGENALAN BAHAN PAKAN TERNAK KAMBING



Pakan yang murah dan berkualitas merupakan dambaan bagi setiap peternak.  Untuk mendapatkan pakan yang demikian tidaklah mudah dan memerlukan pengetahuan, pengalaman, percobaan-percobaan serta kiat dalam memanfaatkan bahan pakan yang ada di sekitar peternak, sehingga tidak terjadi fluktuasi baik ditinjau dari segi harga ataupun pengadaannya dan tidak kalah pentingnya adalah nilai gizi dari bahan pakan itu sendiri harus terjamin. 

Bahan pakan (bahan makanan ternak) adalah segala sesuatu yang dapat diberikan kepada ternak (baik berupa bahan organik maupun an organik) yang sebagian atau seluruhnya dapat dicerna tanpa mengganggu kesehatan ternak.


Zat pakan (zat makanan) adalah bagian dari bahan pakan yang dapat dicerna, dapat diserap dan bermanfaat bagi tubuh (ada 6 macam zat pakan : air, mineral, karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin).

Ransum adalah campuran 2 atau lebih bahan pakan yang disusun untuk memenuhi kebutuhan ternak selama 24 jam. 

Dalam pemilihan bahan pakan atau ransum sebaiknya memperlihatkan beberapa persyaratan/pertimbangan antara lain : jenisnya potensial dan tersedia sepanjang tahun, bernilai gizi tinggi, harganya relatif murah, tidak bersaing penggunaannya dengan manusia, dan terbebas atau hanya sedikit mengandung zat antinutrisi.

Beberapa bahan pakan yang nengandung zat anti nutrisi yang dapat bersifat toksik (racun) bagi ternak, misalnya : 
  1. Ketela pohon (asam sianida mengakibatkan gangguan metabolisme); 
  2. Lamtoro (mimosine); 
  3. Turi (asam sianida); 
  4. Bayam (asam oksalat); 
  5. Daun wortel (carota toxin); 
  6. Daun kol (asam oksalat); 
  7. Rumput setaria (asam oksalat); 
  8. Biji sorghum (tannin); 
  9. Bungkil biji kapok (asam siklopropenoat); 
  10. Bungkil biji kapas (gosipol); 
  11. Bungkil jarak (risin). 
Oleh sebab itu penggunaannya dalam ransum perlu dipertimbangkan sampai batas tertentu, dan dikaitkan dengan tujuan beternak. (Dikutip dari Materi Pelatihan Ternak Kambing Ibu Siti Asiyah, Spt)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar