Selasa, 01 Maret 2011

Program Kemitraan Etawa Farm

 
Etawa Farm
Etawa Farm adalah Pondok Wira Usaha dibawah Yayasan Abdul Aziz yang bergerak di bidang peternakan kambing, berlokasi di Kelurahan Blumbang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karangnayar Propinsi Jawa Tengah. Budidaya kambing yang dilakukan oleh Etawa Farm meliputi Pengembangbiakan, Penggemukan, Produksi Susu dan Produksi Pupuk Organik. Sebagai upaya untuk mengembangkan usaha peternakan, Etawa Farm mempunyai keterbatasan yang salah satunya adalah luasan lahan dan ketersediaan pakan hijauan dan rumput, sehingga dirasa perlu untuk bekerjasama dengan peternak melalui suatu pola kemitraan yang berprinsip Syariah Islam dan saling menguntungkan.

Pola Kemitraan
Kemitraan dalam bentuk suatu kerjasama antara peternak kambing sebagai mitra dalam budidaya ternak kambing dengan Etawa Farm dengan pola sebagai berikut.
1.      Peternak Mitra melakukan budidaya kambing dengan modal sendiri.
2.      Peternak Mitra melakukan budidaya kambing dengan modal dari Baitul Maal Wattamwil.
3.   Etawa Farm menjamin pasar dengan membeli hasil peternakan berupa ; anak kambing dan susu yang dihasilkan dengan harga pasar yang wajar dan disepakati.
4.  Pola kemitraan sistem gaduh dengan konsep bagi hasil 
 
Tujuan Kemitraan
Program Kemitraan diharapkan dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak (Peternak Mitra dan Etawa Farm). Peternak Mitra mendapatkan jaminan pasar dari anak kambing dan susu yang dihasilkan dengan harga pasar serta mendapat bimbingan teknis budidaya kambing dari Etawa Farm tanpa dipungut biaya. Etawa Farm mendapatkan pasokan bakalan dari Peternak Mitra dengan harga pasar untuk digunakan sebagai bakalan program penggemukan  dan peningkatan populasi kambing betina pada program Pengembangbiakan, Penggemukan dan Produksi Susu.

Mitra Etawa Farm ini sekaligus sebagai Santri pada Pesantren Wira Usaha Etawa Farm Abdul Aziz Centre yang akan dibekali ilmu dan dibina oleh tenaga-tenaga ahli peternakan dan pertanian yang mumpuni.

Bagi sahabat yang berminat menjalin kemitraan dan ingin bekerjasama dengan Etawa Farm, dengan senang hati kami membuka kesempatan seluas-luasnya. 


PERJANJIAN KERJASAMA KEMITRAAN
PENGELOLAAN PETERNAKAN KAMBING

Perjanjian Kerjasama ini dibuat hari ini …….., tanggal ….. (…..), bulan ……  tahun 2012 (dua ribu dua belas). oleh dan antara :

1.    Etawa Farm, yang berkedudukan di Jl. Lawu KM 5 Kelurahan Blumbang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, yang dalam hal ini diwakili oleh Endang Sri Lestari, SH dalam kapasitasnya selaku Pengelola Peternakan Etawa Farm dan Ketua Yayasan Abdul aziz, dan karenanya berhak dan sah bertindak untuk dan atas nama Etawa Farm, dan untuk selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.    ......................, berkedudukan di ........, yang dalam hal ini kapasitasnya sebagai Peternak/Investor, atau anggota kelompok Peternak/Investor kambing dan karenanya berhak dan sah bertindak untuk dan atas nama dirinya sendiri, selanjutnya disebut Peternak/Investor, dan untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.


Pasal 1
Lingkup Kerjasama

1.    Pihak Pertama adalah pengelola usaha peternakan dibawah Unit Usaha Produktif Yayasan Abdul Aziz yang meliputi usaha Budidaya Pengembangbiakan, Penggemukan, Produksi Susu dan Pemasaran Kambing Etawa serta hasil ikutannya.
2.    Pihak Kedua adalah masyarakat atau mitra yang memelihara kambing atau memiliki dana yang diserahkan pengelolaannya kepada Pihak Pertama baik secara individu maupun kelompok.
3.    Pihak Pertama dan Pihak Kedua bermaksud mengadakan kerjasama untuk usaha peternakan kambing melalui program kemitraan.
4.    Pihak Pertama akan menerima dan mengelola dengan baik penitipan semua kambing dan anak kambing hasil pengembangbiakan dan penggemukan dari Pihak Kedua.
5.    Pada saat ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini, Pihak Kedua menguasakan pembelian/pengadaan dan menyerahkan bibit kambing untuk dikelola oleh Etawa Farm dengan pola bagi hasil sebagai berikut ;
a.    Jumlah kambing    : 5 (lima) ekor
b.    Jenis                      : PE Senduro
c.    Harga                    : Rp. 2.000.000,- per ekor.

Pasal 2
Pelaksanaan

1.    Pihak Kedua melakukan penyerahan kambing dimaksud untuk dikelola di kandang Pihak Pertama sebagaimana tersebut dalam pasal 1 ayat 5 dalam kondisi sehat dan baik di kandang Etawa Farm Tawangmangu.
2.    Pihak Pertama menerima penyerahan kambing sebagaimana pada Pasal 2 ayat 1 setelah melakukan pengecekan kondisi kambing seperlunya untuk memastikan bahwa ternak dalam kondisi sehat dan baik.
3.    Kerjasama ini menggunakan pola bagi hasil (mudharabah) dengan nisbah pembagian keuntungan sebagai berikut :
a)    Bagi hasil dari Induk pada saat dijual 40% untuk Pihak Kedua dan 60% untuk Pihak Pertama.
b)    Bagi hasil dari penjualan Cempe/Anak Kambing pada saat usia sapih 3 bulan 40% untuk Pihak Kedua dan 60% untuk Pihak Pertama.
c)    Bagi hasil dari penjualan susu perahan setelah dikurangi pembelian susu pengganti untuk cempe akan dibagi 40% untuk Pihak Kedua dan 60% untuk Pihak Pertama.
d)    Penghitungan pembagian bagi hasil atas keuntungan usaha tersebut pada Pasal 2 ayat 3 ini, akan dilakukan setiap satu tahun sejak ditandatangani perjanjian ini.

4.    Apabila dalam kerjasama ini terjadi risiko kerugian yang disebabkan karena kehilangan, maka kerugian tersebut akan ditanggung sepenuhnya oleh Pihak Pertama, dan apabila risiko kerugian tersebut disebabkan karena kematian induk ternak, maka kerugian tersebut ditanggung bersama Pihak Pertama 50% dan Pihak Kedua 50%.


Pasal 3
Kewajiban Para Pihak

1.    Peternak/Investor berkewajiban menyerahkan kambing dalam keadaan sehat dan baik di tempat Peternakan Etawa Farm.
2.    Pihak Pertama berkewajiban menyediakan kandang, pemberian pakan dan pemeliharaan ternak dengan baik.
3.    Pihak Pertama berkewajiban menjaga keamanan dan kesehatan ternak, terkecuali akibat bencana alam dan wabah penyakit.
4.    Pihak Pertama berkewajiban menyampaikan laporan perkembangan ternak kepada Pihak Kedua setiap 6 (enam) bulan sekali.
5.    Pihak Pertama berkewajiban untuk memberitahukan dan minta ijin rencana penjualan ternak melalui SMS, Email atau Faximile.


Pasal 4
Hak Para Pihak

1.    Pihak Kedua berhak untuk melihat Peternakan, memberi masukan/saran, mengusulkan penjualan dan membeli hasil ternak.
2.    Pihak kedua berhak atas pengambilan kembali kambing yang telah dititipkan dan usulan penjualan dengan memperhitungkan biaya pemeliharaan.
3.    Pihak Kedua berhak untuk melakukan pengelolaan kambing yang diserahkan oleh pemilik kambing, mulai dari pengelolaan kandang, pemberian pakan, pemeliharaan kesehatan sesuai dengan manajemen Etawa Farm.
4.    Pihak Kedua berhak mengembalikan ternak kepada Pihak Kedua atau usulan penjualan atas pertimbangan ekonomis Peternakan.

Pasal 5
Waktu, Cara Panen dan Pembayaran
1.    Panen atau penjualan cempe akan dilakukan setelah anak kambing berada dalam masa lepas sapih atau umur 3 bulan.
2.    Waktu pelaksanaan panen akan dikoordinasikan terlebih dahulu antara Pihak Pertama dengan Pihak Kedua.
3.    Penimbangan atau pengukuran kambing dan anak kambing sebagai penentu hasil jual dilakukan di Peternakan oleh Etawa Farm dan pembeli, selanjutnya dibuat berita acara sebagai bukti panen,
4.    Pembayaran oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua akan dilakukan 2 hari setelah penjualan ternak melalui transfer ke rekening Bank Pihak Kedua.

Pasal 6
Jangka Waktu Perjanjian
1.    Waktu Kerjasama ini berlangsung 4 (empat) tahun terhitung setelah perjanjian ini ditandatangani.
2.    Untuk penentuan harga penjualan kambing dan anak kambing akan ditinjau setiap bulan sekali, sesuai dengan perkembangan harga dipasaran.

Pasal 7
Lain lain
Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak akibat dari pelaksanaan Perjanjian ini, maka para pihak akan menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Dan apabila musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, maka penyelesaian masalah dapat dilanjutkan sesuai hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.


Demikianlah Perjanjian ini dibuat dalam rangkap 2 (dua), dan ditandatangani oleh Para Pihak, bermeterai cukup dan masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama bagi Para Pihak.

PIHAK PERTAMA                               PIHAK KEDUA



ENDANG SRI LESTARI, SH               -------------------------------------------
          Pengelola Etawa Farm                                    Peternak/Investor


SAKSI – SAKSI






SAKSI 1                                   SAKSI 2


71 komentar:

  1. Bagaimana prosedur menjalin kemitraan dan kerjasama dengan etawafarm?

    BalasHapus
  2. Untuk program kemitraan kita bisa diskusikan skemanya, diantaranya sbb :
    1. Etawa farm menerima titipan berupa kambing dengan konsep bagi hasil 50% : 50%
    2. Etawa farm menitipkan kambing(gaduh) kepada petani peternak daerah sekitar dengan pola bagi hasil.
    3. Peternak di daerah sekitar dapat membeli kambing dari etawa farm untuk dikembangkan baik secara tunai maupun dengan pembiayaan melalui BMT
    4. Hasil ternak dari kemitraan akan dibeli oleh etawa farm dengan harga pasar yang wajar
    Terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  3. assalamualaikum wr wb
    saya berminat untuk kemitraan. saya tinggal di purworejo, saya sudah tersedia kandang kapasitas 20 ekor. saya butuh investor dengan sistem bagi hasil atau gaduh. semoga etawa farm bisa membantu. kebetulan saya jg punya background pendidikan peternakan. terima kasih sebelumnya ( agus setiawan , Hp. 085643391982)

    BalasHapus
  4. Mas Agus Setiawan
    Jawaban kami sampaikan melalui email, terima kasih sudah mampir di etawafarm.com

    BalasHapus
  5. assalamu 'alaikum wr. wb.
    Saya tertarik dengan model kemitraan ini, bagaimana persyaratannya dan saya bermaksud ikut menjadi Peternak Mitra. Suwun.
    muslim bakri email : mbr_ladoo68@yahoo.com
    wassalamu 'alaikum wr. wb.

    BalasHapus
  6. Yth
    Bpk/Mas Muslim Bakri
    Jawaban akan kami email
    matur nuwun

    BalasHapus
  7. Ass. Wr. Wb.

    Kebetulan saya tertarik dengan program kemitraan etawafarm. Sebelumnya saya ingin order kambing etawa senduro di etawajaya.com, tapi bingung perawatannya. Rencana mau beli lima betina etawa senduro, kalau dititpkan ke etawafarm, bagaimana skema bagihasil anakan dan susu kambingnya. Kalau anakan mungkin gampang bagi 2, tapi yang hasil susu perahnya bagaimana skema bagihasilnya. mohon dibalas via email eko@takaful.com Terima kasih atas balasanya. Wassalam

    BalasHapus
  8. Mas Eko
    Maturnuwun sudah silaturahin ke etawafarm.com, Jawahaban sudah kami kirim melalui email ya

    BalasHapus
  9. aslkm wr wb, saya tertarik dengan program tersebut. apakah berlaku juga untuk yang berdomisili jauh, saya dari jawa barat. mohon informasinya. agus s. (ogisay@yahoo.com)

    BalasHapus
  10. Pak/Mas Sayogi
    Terima kasih sudah silaturahim ke etawafarm.com, untuk program kemitraan pembiayaan dan sistem gaduh sementara hanya untuk wilayah sekitar etawa farm, untuk skema investasi atau penitipan kambing di a farm berlaku di seluruh wilayah, namun demikian saat ini kami sementara belum dapat menerima tambahan investor atau tambahan karena kandang sudah penuh, insya allah dalam waktu dekat akan kami bangun kandang tahap 3. Terima kasih

    BalasHapus
  11. Assalamualaykum wr wb

    Kira kira kpn pak mulai bisa nitip lg??
    mohon informasi sekalian skema bagi hasilnya
    slamet_triwarsono@yahoo.com

    BalasHapus
  12. Yth Pak Slamet Triwarsono
    Terima kasih sudah silaturahim di etawafarm.com, mohon maaf untuk saat ini kami belum bisa menerima mitra untuk menitip, karena belum bangun kandang lagi, untuk skema bagi hasilnya masing-masing 50% pak baik dari kambingnya maupun susunya
    nuwun

    BalasHapus
  13. Kami dari daerah Nganjuk, apa bisa juga ikut sistem kemitraan ini, kami saat ini sudah mempunyai 15 kambing PE dan ada potensi dikembangkan karena lahan kami sangat cocok utk peternakan, kami punya 5.000 Mt. dari warisan orang tua dan saudara-saudara kandung kami juga sebagian besar petani di Desa Baron! mohon info via Email: solikincc@gmail.com

    BalasHapus
  14. Pak Solikincc
    Jawaban sudah kami email ke solikincc@gmail.com

    BalasHapus
  15. kepada Yth, Etawa Farm
    saya dari jakarta saya ingin invest tapi modal saya terbatas. bisakah saya membeli 2 ekor kambing jantan dan betina kemudian saya titipkan di Etawa farm dengan sistim bagi hasil.berapa persentase bagi hasilnya. mohon penjelasannya di kirim ke email saya : el.eyavai@gmail.com

    BalasHapus
  16. Ass.Kami tertarik untuk jadi investor.
    Berapa jumlah kambing minimal yang akan dititipkan?
    Apakah harus 15 ekor?
    Apakah kambingnya bisa diganti dalam bentuk uang saja seharga kambing yg akan di-investasikan?karena kami mungkin kesulitan waktu mencari kambing untuk kemitraan tsb.
    Wass.Terima kasih.argotravelku@yahoo.co.id

    BalasHapus
  17. Yth Pak Akhmad Yani
    Yth Pak Regan Akmal
    Terima kasih sudah mampir di etawafarm.com, sebenarnya untuk penitipan kambing tidak dibatasi, dan pengedaan kambing bisa beli di kandang kami atau kami yang membelikan ke kelompok ternak lainnya, namun demikian saat ini kapasitas kandang kami sudah penuh dan belum bisa menerima penitipan baru, untuk itu kami mohon maaf belum bisa menerima saat ini, insya allah bila sudah bangun kandang lagi akan kami informasikan.
    Wassalam
    Abu Abdul Azis

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum.

    Maaf sebelumnya, tapi saya berminat untuk menjadi mitra dan bekerja sama dengan etawafarm. Apa yang harus saya lakukan untuk menjadi investor atau reseller dari barang etawafarm?

    Terima kasih.
    NB: Email saya : masgandhul@gmail.com

    BalasHapus
  19. Mas Gandul
    Akan saya kirim informasi ke email njenengan segera
    Nuwun

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum.

    Saya sangat tertarik untuk bermitra dengan etawafarm setelah membaca artikel di blog ini.
    Bagaimana proses menjadi mitra etawa farm ?
    Jika tersedia kesempatan menjadi investor baru, mohon infonya (rendy.aditya.21@gmail.com).

    Terimakasih,
    Wassalam,

    BalasHapus
  21. Mas Rendy
    Akan saya kirim segera informasi ke email njenengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum.

      Saya ada pertanyaan lagi di email mas.

      Terimakasih,
      Wassalam,

      Hapus
  22. ahmad nasution18 Januari 2012 08.55

    kampung saya di sumatera di pegunungan kira2 mirip puncak cianjur,curah hujan banyak dan kelembapan tinggi mandi pagi jam 11 siang sangkin dingin ya air, apakah suhu yang begitu tidak mengganggu pertumbuhan kambing atau penyakit yang akan timbul kira2 apa

    BalasHapus
  23. Pak Ahmad Nasution
    Kandang Etawa Farm berada di lereng gunung lawu yang suhunya lebih dingin dari puncak cianjur, curah hujannya juga sangat tinggi, bahkan pada bulan desember dan januari hampir setiap hari turun hujan, namun demikian kambing PE Senduro atau dan PE Kaligesing sangat adaptip dengan segala cuaca, karena kambing ini juga berasal dari daerha pegunungan.
    Daerah pegunungan lebih efektif untuk pertumbuhan kambing karena selain ketersediaan rumput dan hijauan melimpah, nafsu makannya juga lebih banyak.
    Untuk penyakit yang harus diwaspadai diantaranya perut kembung yang disebabkab oleh makan rumput yang masih muda dan basah.
    Bila kandang lembab juga mengakibatkan penyakit kudis/scabies.

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum.

    Saya sangat tertarik untuk bermitra dengan etawafarm setelah membaca artikel di blog ini.
    Bagaimana proses menjadi mitra etawa farm ?
    Jika tersedia kesempatan menjadi investor baru, mohon infonya ke 82bintangsenja@gmail.com
    Terimakasih,
    Wassalam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas silaturahimnya, saat ini kapasitas kandang sudah penuh dan belum buat kandang lagi, insya allah untuk pengembangan kandang berikutnya

      Hapus
  25. asalamu'alaikum
    saya tertarik dengan kerjasama penitipan dengan bagi hasil 50:50. apakah di etawa Farm sudah membuka penitipan baru?

    mohon infonya:wahyosanusi@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Pbk Wahyo Sanusi, mohon maaf saat ini belum bangun kandang lagi, segera setelah bangun kandang lagi akan isnya allah akan kami informasikan

      Hapus
  26. kalau mau ikut program kemitraan, dana yang di butuhkan berapa ? mohon infonya. thanks burhan ( email : labirint_7@yahoo.co.id )

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk satu ekor kambing siap kawin atau bunting saat ini harganya 2 juta pak, tapi mohon maaf saat ini belum bisa menerima titipan karena kapasitas kandang sudah penuh dan belum buat kandang lagi

      Hapus
  27. mohon info kalau program kemitraan dibuka lagi.thx(azizmbutoh@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Aziz M Butoh
      Rencana akan nitip berapa pak, ini sedang kita siapkan lagi, bila ada titipan/pesanan yang lain mencapai 20 ekor baru akan kita pesankan, hal ini untuk efisiensi biaya transportasi pengiriman kambing.

      Hapus
  28. As.Wr.
    Sy sangat tertarik dengan budidaya kambing etawa,bagaimana carax untuk mendapatkan indukan kalau di daerah Makassar sulawesi selatan,tolong infonya ke ananda_salam@yahoo.co.id terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Ananda Salam
      Assalamu alaikum wr wb
      Jawaban akan saya kirim melalui email
      Wassalam

      Hapus
  29. tokoalkeskendari21 Mei 2012 23.06

    Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Saya ingin mempelajari ttg pemeliharaan ternak kambing etawa. Adakah pelatihan dr etawa farm untuk orang awam? Bisakah bekerja sama dgn etawa farm jika ingin membudidayakan di daerah sultra?
    Tolong infonya melalui email di: tokoalkeskendari@yahoo.com. Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mempelajari pemeliharaan peternakan kambing perah bisa dilakukan siapa saja yang berminat terhadap peternakan pak.
      Untuk bekerjasama membudidayakan di daerah Sultra insya allah bisa kami support.

      Hapus
  30. Assalamu'alaikum

    saya Ahmad.saya antusias dengan prog.kemitraan ini, karena sudah penuh,,saya ingin tanya harga kambing PE anakan lepas sapih,harganya berapa 1 jantan, 2 betina..dan bila di kirim ke daerah Weleri-Kendal bisa tdk...tlng email ke akhmat.tohir@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saat ini kandang sudah penuh dan belum bangun kandang lagi, namun demikian akan saya kirim syarat, ketentuan, contoh perjanjian dan formulir kemitraannya, serta harga pembelian cempe saya kirim lewat email, nuwun

      Hapus
  31. kalau mau buka cabang peternakan kambing pe saya di lampung siap jadi mitra trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk di lampung bapak bisa hubungi mas Hasrat Tanjung, Kambing Perang Pasawaran Lampung

      Hapus
  32. Assalamu'alaikum.....
    Pak saya tertarik dg program kemitraan, mohon info apabila sudah dibuka lagi.
    Tolong diemail ke: fian_fn@yahoo.com
    Terima kasih.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam wr wb
      Insya allah akan kami informasikan melalui email ya pak, nuwun

      Hapus
  33. Assalamu'alaiku ...
    Pak saya tertarik juga dengan program Bapak. Kebetulan rumah saya magetan, saya berminat untuk bersilaturrahmi dan berminat untuk melihat langsung etawa farm bisa bapak?
    trus juga pengen menambah wawasan bidang tersebut.
    tolong balas di email: nurwakhid_int@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan pak, kami tunggu silaturahimnya, bapak bisa ketemu dengan Pak Udin No HP 085642444645

      Hapus
  34. Saya berminat untuk bermitra, apa saja persyaratan menjadi mitra etawa farm

    BalasHapus
  35. Mohon maaf saat ini kandang sudah penuh dan belum bangun kandang lagi, namun demikian akan saya kirim syarat, ketentuan, contoh perjanjian dan formulir kemitraannya, serta harga pembelian cempe saya kirim lewat email, nuwun

    BalasHapus
  36. dear etawa farm, saya berminat untuk bermitra, mohon info cara menjadi mitra etawa farm dikirim ke dibyoimam25@yahoo.com. terimakasih. Imam-Palembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik pak, insya allah akan kami informasikan melalui email ke bapak

      Hapus
    2. kok masih belum ada ya pak/bu emailnya?

      Hapus
  37. saya sangat berminat dengan kerja sama ini.
    Saya domisili di malang sedang proses pembangunan kandang untuk 10 ekor.
    karena keterbatasan modal kami hanya mencoba proses pengemukan saja.
    tlg kirim info harga cempe cocok buat pengemukan ke email saya.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Malang banyak peternak mas, coba hubungi Mas Arif Kandang Bambu.
      Harga cempe antara 750.000 s/d 1 juta mas

      Hapus
  38. Saya tinggal di Semarang, saya sangat berminat untuk investasi ternak kambing disini. Mohon informasi scr lengkap via email beserta kontak person yg bs dihubungi. Tks.
    joeli_es@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. balasan telah kami kirim via email, nuwun

      Hapus
  39. Assalamualaikum..nama saya akbar,domisili di jakarta ,saya sangat tertarik untuk melakukan investasi di etawafarm..kira2 berapakah minimal investasi yang bisa dilakukan di etawafarm?..dan kapankah bisa dilakukan?..mohon informasinya..syukrom (makbarp@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam wr wb
      informasi insya allah akan kami kirim melalui email

      Hapus
  40. saya taufik dari jakarta
    saya tertarik dengan sistem kemitraaanya
    bisa emailkan info selengkap y ke email saya
    taufikfadillahstp@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam wr wb
      informasi insya allah akan kami kirim melalui email

      Hapus
  41. Assalamualaikum

    saya akbar dari depok, saya tertarik dengan program kerjasama, tapi saya masih awam, apakah saya bisa dengan inves uang saja? trs programnya seperti apa? bagi hasilnya gmn? apabila suatu saat saya ingin membuka peternakan sendiri, kambingnya bisa sya ambil juga? mohon info selengkapnya ke email saya, udang.reborn@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban insya allah akan saya kirim melalui email

      Hapus
  42. Saya dr Grobogan, ingin mengikuti program kemitraan pola gaduh. Apa sajakah yg harus disiapkan selain kandang? Semoga E-tawa farm bisa membantu.

    CP : A. Ryan Wibowo kkpi.smeker@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban insya allah kami kirim melalui email

      Hapus
  43. Pak, bolehkah di share sedikit mengenai profil bagi hasil pada tahun2 terakhir.. terima kasih.

    iwansoup@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah akan kami email ya pak

      Hapus
  44. mas...saya juga tertarik nich untuk invest...minta infonya ya....ryanto.siswoyo@yahoo.com....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah akan kami email ya pak

      Hapus
  45. Ass......kum....pak klo di daerah makassar dmn bs beli untuk indukannya etawa....terima kasih sblmnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Peternak di sekitar makasar saya belum tahu pak, bila butuhnya banyak bisa dikirim dari jawa menggunakan kapal, insya allah biayanya terjangkau

      Hapus
  46. Saya sangat tertarik dengan kemitraan ini, sebagai petani plasma. Mohon di infokan ke firmantos@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus
  47. saya berkeinginan utk ikut investasi pak dengan sistem gaduh, mohon informasinya ke muliasehati@gmail.com
    maturnuwun

    BalasHapus
  48. Assalmaualaikum, mohon informasi untuk pengiriman kambing dara dan jantan ke palembang untuk jenis kaligesing dan senduro, berapa jumlah minimum dan biaya transfortasi apa bila kami terima di palembang terimah kasih, emil aekpanas@gmail.com

    BalasHapus
  49. pak bisa minta penjelasan lebih lanjut , saya berminat sebagai investor . email saya bangrhe@gmail.com

    BalasHapus